Manager Artis

Saya Dian..

Semua bermula dari jurusan Komunikasi Humas yang saya pilih untuk melanjutkan D3 saya. Hingga akhirnya singkat cerita saya mengambil studi kasus “personal publicist” sebagai bahan skenario saya. Hingga akhirnya hampir 8 tahun saya berkecimpung di dunia publicist movie dan hinga sekarang.

Namun 3 tahun belakang ada yang berbeda. Saya dipercaya oleh teman saya Ibnu Jamil dan Olivia Jensen untuk handle pekerjaan mereka (re : menjadi menager). Dan tidak terasa 3 tahun hampir berlalu dan sekarang bukan hanya Ibnu Jamil dan Olivia Jensen, tapi ada juga Dhini Aminarti, Tika Bravani, Dimas Seto, dan Dimas Aditya. Nama-nama yang sudah tidak asing lagi. Bersyukur sekali saya langsung menjadi manager artis-artis yang sudah dikenal dan plusnya lagi adalah semua artis saya memiliki good attitude. 

Sejalan waktu saya terus berlajar dan belajar. Hampir semua teori dalam kuliah saya praktekkan dalam perkerjaan saya sekarang ini. Dan pada intinya manager adalah seseorang yang bisa dipercaya, bisa diajak kerjasama, bisa memegang komitmen, dan terutama bisa mengerti apa yang diinginkan artisnya – kliennya – dan semua pihak yang terlibat.

Saya sering ditanya tentang “gimana caranya jadi manager?” Kalau saya boleh jawab semua butuh proses, saya harus mengenal secara pertemanan terlebih dahulu, tahu bagaimana karakter mereka, dan paling penting kita bisa berkomunikasi dengan baik. Intinya setiap kita pasti punta keinginan dan target hidup, begitpun dengan artis. Dan fungsi manager adalah membantu dan bekerjasama meraih apa yang diharapkan oleh sang artis. Komunikasi yang dua arah, tidak memaksakan, tidak berat sebelah, saling percaya, dan menerima kekurangan masing-masing adalah kuncinya.

Dan yang terakhir adalah mencari rezeki adalah jodoh-jodohan. Belum tentu artis yang sudah banyak job saat dipegang oleh saya menjadi lebih banyak lagi jobnya. Itu belum tentu, karena disemua aspek kehidupan ada faktor XXX (re: takdir/nasib/keberuntungan) yang kita semua tidak bisa membacanya. Percaya atau tidak hubungan manager artis bagi saya seperti “bercinta” saya sebagai manager harus menjadi orang yang paling tahu dan paling terdepan untuk menjadi seseorang yang diandalkan.

Ternyata berat juga ya tanggung jawabnya, hehe. Saya sendiri baru sadar. Tapi itulah hidup, saya sangat menikmati setiap hal yang saya kerjakan. Bertemu dengan banyak orang, mendatangi berbagai macam acara, hp standby 24 jam, tampil prima setiap saat, harus pandau menjaga emosi, harus bisa menempatkan diri, dan satu hal yang gak kalah penting “siap menjadi BABU untuk artis kita, tidak malu untuk membawakan tas, sepatu, atau perlengkapan mereka”. Karena pekerjaan manager artis adalah pekerjaan jasa + marketing yang harus bisa membuat artis dan semua pihak happy.

Dan sampai detik ini saya masih belajar dan menikmati semua prosesnya. Berharap saya dan artis saya selalu diberi kesahatan sehingga bisa terus bekerja bersama, meraih mimpi bersama, berjuang bersama, dan selalu bahagia bersama.

Dan terakhir… Image bisa dibentuk dengan banyak hal, terutama media dan soscial media. Tp pada akhirnya etosnkerja dan attitude yang baik adalah modal dasar disamping dengan talenta yang masing-masing artis miliki. Semua bisa dibuat namun tidak bisa untuk hal “kepribadian”.

“Kita yang memilih apa yang membuat kita bahagia tp kita tidak bisa memilih untuk tetap berada dititik yang sama dari hari keharinya.” So kita harus selalu siap hati dan mental untuk apapun yang terjadi. Dan tetap menikmati setiap peran kita masing-masing dalam kehidupan ini.
I’m so proud of myself..

Love, Dian

Advertisements

Leave a comment

Filed under Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s