DIAN Communications is COME BACK

Akhirnya sempat vakum  beberapa bulan karena kesibukan di acara MasterChef Season 2 as finalis, saya meninggalkan perkejaan untuk waktu yang menurut saya cukup lama. Tapi saya tidak merasa rugi karena banyak hal baik yang saya dapatkan walau saya tidak bekerja selama kurang lebih 3 bulan. Banyak yang bertanya “apa pekerjaan saya” mungkin kalau yang mengikuti blog saya, saya pernah menulis tentang pekerjaaan saya sebagai publicist namun gak ada salahnya jika saya menceritakannya kembali.

DIAN Communications berawal dari mimpi LUAR BIASA saya dimana saya ingin memiliki perusahaan sendiri dengan tahu diri bahwa saya hanyalah seorang wanita biasa. Kebetulan skripsi saya saat kuliah di HUMAS Universitas Indonesia saya mengangkat tema tentang “Publicist Artis Titi Kamal” dengan subjek penelitian seorang publicist yaitu Ichwan Persada. Saya sebetulnya bukan ingin membahas tentang publicist tapi lebih tepatnya saya ingin membahas mengenai “personal HUMAS”. Yah..dan ternyata publicist adalah percabangan dari salah satu profesi HUMAS atau yang biasa disebut Public Relations yakni salah satu bidang profesi dalam humas personal.

Kali pertama saya terjun, saya tidak tahu apa-apa. Yang saya tahu hanya yang tertera dalam hasil skripsi saya namun berkat bimbingan mas Ichwan Persada saya diperkenalkan dengan dunia nyata satu persatu. Bisa dibilang pekerjaan saya ini pada intinya adalah “memperkenalkan atau mempromosikan sebuah product (bisa film, public figure/artis, atau produk lainnya)” dalam hal ini saya lebih mengkhususkan pada film dan artis. Tahapannya secara umum, saya mengatur semua perencanaan promosi mulai dari film itu dibuat sampai pada akhirnya film itu telah  naik di bioskop dan di tonton oleh banyak orang. Mulai dari menyusun program yang sesuai dari karakteristik film yang saya pegang, bekerjasama dengan para rekan media, membuat press release, mengatur promo di dunia online termasuk jejaring sosial, membuat event-event sampai dengan evenet besar yaitu GALA PREMIERE, dan banyak lagi yang adalah tanggung jawab saya sebagai seorang publicst. Pada intinya tugas saya adalah “bagaimana caranya FILM tersebut diketahui oleh khalayak dan diterima serta ditonton”.

Kerjaan saya amat sangat rumit dan menyita waktu. Bisa dibilang saya bekerja hampir 24 jam. Awal mula saya dibantu rekan setia saya Andi Apriatna dan sampai dengan saat ini Dialah rekan kerja terbaik saya. Semua serba O, saya tidak kenal satu pun media, saya tidak pernah mengundang media untuk datang ke sebuah acara, saya tidak kenal artis A sampai dengan Z, semua saya serba tidak tahu. Namun satu hal yang saya yakini “SAYA BISA” dan alhasil sampai dengan saat ini 1 tahun masa produksi dan 1 1/2 tahun semenjak berdiri DIAN Communications, saya telah memegang 4 buah film layar lebar (Milli and Nathan, Semesta Mendukung, Ambilkan Bulan, Perahu Kertas – hanya setengah jalan-), 1 film serial TV, dan event-event rekan-rekan artis saya. Sebuah pencapaian yang menurut saya luar biasa, bukan sombong tapi saya bangga dengan apa yang akhirnya bisa saya lakukan tanpa modal sepeser pun. Namun masih banyak kurangnya saya sadari hal itu, itulah mengapa saya ingin terus belajar menyempurnakan setiap hal yang saya kerjakan.

Sekarang saya kembali lagi memulai tapi bukan dari O, saya meneruskan apa yang sudah saya kerjakan, saya sedang merapikan semuanya, mulai dari renovasi website, materi-materi promo, dan banyak lagi yang sedang saya benahkan. Saya tidak akan berhenti dan akan terus mengepakkan saya DIAN Communications, yang rencananya akan meluas bukan hanya film tapi  bidang yang lainnya sambil bekerjasama dengan Ayah saya tercinta yang adalah konsultan pertambangan dan lingkungan.

Doa sederhana saya semoga pekerjaan dan niat baik saya didengar oleh Tuhan dan Tuhan selalu menjaga semangat saya untuk terus mengepakkan sayap, tidak mudah puas, dan terus berkarya, dan terus bisa menghidupi banyak orang dan menjadi terang untuk sekitar.

So, butuh jasa promosi dibidang apapun atau butuh konsultasi di bidang humas/public relations atau ingin membangun image produk atau perusahaan Anda atau membutuhkan jasa handling media atau apapun yang berkaitan dengan publicist atau Humas/public relations bisa menghubungi saya di email dianita.tiastuti@yahoo.com atau tlp di 021-7754174 . 

Dan terakhir… punya restoran atau rumah makan ? Bisa juga saya bantu untuk promosi. Atau ada acara yang membutuhkan orang untuk mendemo masakan, saya pun bersedia. Dua dunia pekerjaan yang saya kerjakan sekarang adalah DIAN Communications dan KULINER.

Lakukan pekerjaan yang Anda cintai.. Uang akan mengikuti.. Yang terpenting NIKMATI dan jadilah INSPIRASI!

By Dianita Tiastuti

2 Comments

Filed under Film, Komunikasi & Humas, Motivasi, Tulisan Dyan

Leave a Reply

