Publicist is My Passion

Sebentar lagi tepat satu bulan Saya menjalani pekerjaan Saya yang baru. Tepatnya Saya berusaha untuk membuat perusahaan sendiri yang bergerak di bidang Publcist. Setiap orang yang bertemu dengan Saya, entah itu teman, entah itu kerabat atau siapapun pasti bertanyaan “Apa itu Publicist?” Ada yang bilang agen, ada yang bilang manager, dan lain-lain. Memang sekarang tak bisa dipungkiri antara manager, agen, dan publicist dijalankan oleh satu orang, mungkin di negara lain sudah sangat maksimal dijalankan oleh orang-orang yang berbeda namun di Indonesia ke tiga profesi tersebut masih dijadikan satu. Dan Saya berusaha menggeluti salah satu bidang itu, dan meminfokan kebanyak orang bahwa agen, manager, dan publicist itu berbeda. Dan Saya ingin semua orang tahu pentingnya seorang publicist di ere modereniasasi sekarang ini.

Kenapa akhirnya Publicist yang Saya pilih? yah karena Saya ingin sekali menjadi humas, dan Publicist tidak jauh beda dengan humas, Ia hanya memiliki tugas yang lebih spesifik dalam hal publicity yang merupakan salah satu fungsi dari seorang humas, namun ujung-ujungnya adalah sama yaitu “mengcreate sebuah image yang baik.” Saya telah melamar pekerjaan dimana-mana dan ada beberapa yang diterima namun hati Saya berkata “tidak”, entah dari dulu Saya ingin sekali mandiri, tidak diatur oleh orang dan Saya tidak dibudaki oleh orang atau perusahaan. Saya ingin berdiri dengan kaki Saya sendiri, Saya yang mengatur waktu Saya sendiri, dan Saya bebas mengekspresikan apa yang Saya mau tanpa harus memikirkan kebijakan ini dan itu. Dan ada satu hal yang akhirnya mendasari Saya untuk memilih Publcist ini, Saya memiliki sebuah mimpi bahwa “Siapapun dapat menjadi public figure saat Ia memiliki SESUATU dan mereka memiliki KESEMPATAN dan mereka mampu BERSAHABAT dengan media.” Itulah gunanya Saya menjadi tangan kanan mereka-mereka yang ingin menjadi public figure dengan arti yang sesungguhnya. Saya mampu menjadi fasilitator hingga akhirnya mereka bukan hanya “cepat masuk di dunia entertain hingga akhirnya cepat tenggelam (seperti artis-artis sekarang yang hanya aji mumpung)” namun akhirnya Mereka mampu exist dan menjadikan artis/public figure sebagai “Karier” mereka bukan hanya menerima saat job datang tapi mereka berfikir jauh ke depan untuk dapat maksimal menjalankan profesinya. Yah sama seperti halnya pegawai swasta, pegawai negeri dan lainnya.

Dalam bidang publicist ini target Saya adalah para public figure (seperti artis, politisi, dll), perusahaan, olahragawan, music label, management artis, dan banyak lagi. Siapapun yang ingin dikenal oleh masyarakat, memiliki image yang baik, ingin menjadi kawan dengan rekan media, dan memiliki eksistensi dimata masyarakat, Saya akan dengan senang hati membantu mereka. Namun Saya hanya sebatas melakukan publisitas dan apapun yang berkaitan dengan media, Saya tegaskan bahwa Saya tidak mencarikan job/pekerjaan. So, gak akan salah lagi persepsi orang menegani profesi Saya sekarang.

Yah, dunia sekarang banyak orang berlomba untuk akhirnya dikenal oleh masyarakat. Bayangkan kekuatan media online sekarang sangat luar biasa, siapapun dapat terkenal secepat kilat hingga akhirnya menjadi star. Banyak hal-hal positif yang dimunculkan, namun skelaigus banyak hal negatif yang muncul saat kita tidak mampu bagaimana cara menfaatkan media tersebut dengan benar. So, hal itulah menjadi salah satu paket dalam jasa yang Saya tawarkan disamping jasa-jasa lainnya yang setiap orang berbeda-beda. Segala hal yang Saya lakukan adalah berdasarkan research tidak sembarangan ,membuat program a sampai dengan z. Semua harus realistis dan disesuaikan dengan klien Saya. Saya akan membuat program bagus ketika Saya tahu dengan detail apa yang ingin Saya rubah apa objek Saya, itulah gunanya research sehingga akhirnya program yang Saya buat sesuai dengan tujuan apa yang ingin dicapai yang lagi-lagi semua diasarkan pada research tersebut. So, semuanya gak semudah apa yang orang pikirkan tentang profesi Saya ini. Mulai dari bertemu dengan para public figure, membuat janji, fact findinbg tentang calon klien Saya (dari a sampai z Saya ahrus tahu), membuat program yang sesuai, mempresentasikannya, meyakinkan mereka, hingga akhirnya ,mengaplikasikan segala program yang Saya buat dimana Saya sangat membutukan peran media didalamnya.

Lagi-lagi satu hal yang dapat Saya ambil dari profesi ini bahwa yang terpenting dalam hidup dan kesuksesan adalah “hubungan baik” atau biasa orang sebut link atau network. Woww, sekarang Saya sangat sadari ini. Orang pintar sekalipun tidak akan sukses saat ia tidak mampu bergaul dan tidak memiliki banyak teman, karena lagi-lagi semua orang sukses membutuhkan banyak pihak yang mampu mendorong kesuksesannya.

Awalnya Saya takut dan tidak yakin, namun setelah Saya jalani ini hampir satu bulan, satu demi satu hal mampu Saya lakukan. Pengalaman baru, perasaan yang selalu ingin tahu, selalu mengisi hari-hari Saya. Saya dituntut berpikir banyak hal dalam satu waktu, dari artis ini (Saya baru memiliki klien artis) artis itu, harus Saya pikirkan secara bersamaan. Kelemahan Saya adalah paling susah menghafal dan kurang teliti, namun karena profesi baru ini Saya terlaltih untuk menghafal dan teliti untuk segala hal. Dan ditambah Saya harus bekerjasama oleh 2 (dua) anak buah dan 2 (dua) konsultan, Saya harus dapat menjadi pemimpin yang bisa sebagai teman sekaligus dihargai sebagai seorang pemimpin. Banyak hal yang Saya pelajari hampir satu bulan ini. Pulang malam, menyetir sendirian, mengenai dunia baru (dunia artis), bertemu dnegan banyak orang baru yang berbeda-beda karakter. Luar biasa, tak pernah habisnya Saya mengucap syukur.

Hal kedua yang Saya dapat adalah “semua kita adalah sama yatu manusia.” Saya bertemu dengan beberapa artis dan sebelumnya Saya berpikir bahwa mereka luar biasa dan jauh di atas Saya dan Saya sungkan serta minder dengan mereka. Namun sekarang Saya tahu bahwa mereka adalah sama seperti Saya. Mereka manusia biasa yang mampu tertawa lepas, yang mampu bercanda, yang terkadang membuat kesalahan, dapat menghargai Saya. Siapapun itu tetap sama yaitu MANUSIA. Yang membedakan hanyalah jalan hidup setiap Kita dan apa tugas masing-masing kita di dunia.

Yup…
Saya hanya ingin bilang “LAKUKAN” apa yang ingin kamu lakukan, jangan terlalu lama berfikir karena kita tidak tahu sampai kapan kita hidup di dunia. Apapun yang kita bayangkan, belum tentu sesuai, seperti halnya ketika takut untuk berbuat sesuatu yang baik, saat kita jalani ternyata hal itu biasa dan tidak seseram apoa yang kita bayangkan.

THE LAST
“JADILAH HUMAS UNTUK DIRIMU SENDIRI, KITA HIDUP DITENGAH-TENGAH MANUSIA YANG LAIN. DISAMPING KITA MELAKUKAN APAPUN YANG KITA ANGGAP BENAR, KITA HARUS TETAP BISA MEMIKIRKAN BANYAK HAL DIMANA HAL TERSEBUT MERUPAKAN BAGIAN DARI TANGGUNG JAWAB KITA SEBAGAI MANUSIA. JADILAH YANG TEBRAIK DENGAN MELAKUKAN SEGALA HAL YANG TERBAIK, SEHINGGA TANPA KITA SURUH SEMUA ORANG AKAN MENGANGGAP KITA ADA DAN BERGUNA BAGI MEREKA”

*Sukses untuk kalian semua

1 Comment

Filed under Hari-hari Dyan, Komunikasi & Humas

One response to “Publicist is My Passion

  1. Silvi Anggraini

    NUMPANG INFO YA BOS… bila tidak berkenan silakan dihapus:-)

    LOWONGAN KERJA GAJI RP 3 JUTA HINGGA 15 JUTA PER MINGGU

    1. Perusahaan ODAP (Online Based Data Assignment Program)
    2. Membutuhkan 200 Karyawan Untuk Semua Golongan Individu yang memilki koneksi internet. Dapat dikerjakan dirumah, disekolah, atau dikantor
    3. Dengan penawaran GAJI POKOK 2 JUTA/Bulan Dan Potensi penghasilan hingga Rp3 Juta sampai Rp15 Juta/Minggu.
    4. Jenis Pekerjaan ENTRY DATA(memasukkan data) per data Rp10rb rupiah, bila anda sanggup mengentry hingga 50 data perhari berarti nilai GAJI anda Rp10rbx50=Rp500rb/HARI, bila dalam 1bulan=Rp500rbx30hari=Rp15Juta/bulan
    5. Kami berikan langsung 200ribu didepan untuk menambah semangat kerja anda
    6. Kirim nama lengkap anda & alamat Email anda MELALUI WEBSITE Kami, info dan petunjuk kerja selengkapnya kami kirim via Email >> http://uangtebal.wordpress.com/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s