Salah Satu dari Banyak Faktor Sukses

Saya selalu membahas mengenai “kekuatan mimpi” di banyak tulisan Saya. Saya sangat meyakini kekuatan mimpi untuk meraih sebuah kesuksesan. Yup betul sekali, tanpa mimpi terkadang manusia tak tahu apa yang diingkannya sehingga kebanyakan orang hanya menerima dengan ikhlas apa yang dimilikinya sekarang tanpa keinginan untuk selalu melakukan dan mendapatkan yang lebih lagi.

Sukses banyak sekali faktornya selain mimpi yang Saya sebutkan tadi. Antara lain rasa semangat, doa, kerja keras, dan lainnya. Tapi satu faktor yang Saya akui berlaku dalam segala hal untuk mencapai titik maksimal dan mendekati kepuasan tertinggi yaitu “KONSISTENSI”.

Ini hanya penilaian menurut kacamata Saya sebagai orang yang sudah merasakannya. Jadi ijinkan Saya untuk menilai dalam hal ini.

Sebagai contoh, Saya lagi giat-giatnya olahraga. Mulai dari tahun kemarin Saya sadar akan pentingnya olahraga. Awal-awal semangat Saya sangat menggebu-gebu, tapi lama kelamaan semangat Saya menurun sehingga percuma saja olahraga yang Saya lakukan. Baiknya adalah Saya tidak usah muluk-muluk membuat rencana yang begitu full mengenai waktu dalam seminggu untuk berolahraga. Sebetulnya simple saja (seperti yang akhirnya Saya lakukan sekarang) cukup minimal 2x seminggu Saya olahraga, seperti berenang, bersepeda, atau jogging. Yah…gak perlu semangat menggebu-gebu diawal yang dibutuhkan adalah konsistensi. Coba bayangkan seumur hidup Saya bisa menerapkan olahraga mininal 2x seminggu, tanpa ada putusnya. Alhasil semuanya gak akan sia-sia.

Contoh lain, Saya menggemari sekali yang namanya memasak. Di awal-awal Saya sibuk mengotak-ik resep makanan dan menciptakan masakan baru setiap harinya. Namun apa, segala yang berlebihan di awal malah membuat Saya cepat jenuh dan bosan. Lagi-lagi yang dibutuhkan adalah konsistensi, alhasil sekarang Saya tidak muluk-muluk cukup dalam sebulan Saya menciptakan 1 resep makanan baru. Coba bayangkan dalam setahun Saya bisa menciptakan 12 resep makan baru dan dalam hidup Saya mampu berpuluh makanan dapat Saya ciptakan. Baru dari situ, Saya menaikan standar Saya. Mungkin di tahun ke dua, dua resep makanan yang Saya ciptakan.

Pengalaman Saya yang lain. Saya adalah salah satu orang yang sulit sekali dalam berbahasa inggris. Saya mengikuti banyak les dari SD sampai kuliah, namun tetap saja kemampuan Saya sama. Hal itu membuat Saya berkeinginan untuk belajar dan melatih sendiri. Lagi-lagi awal yang menggebu-gebu. Membeli banyak novel bahasa inggris, membeli kamus bahasa inggris dengan harga yang fantastis di mata Saya, dan membeli ini dan itu. Semangat yang terlalu besar di awal, namun alhasil lama kelamaan semangat Saya menurun dan akhirnya terbengkalai semuanya. Dan akhirnya Saya pun memutuskan hal sederhana, dalam seminggu Saya belajar bahasa inggris minimal 4 jam (satu hari 2 jam). Coba bayangkan dalam sebulan Saya belajar 16 jam.

Banyak hal-hal besar yang memang harus dilakukan dengan cara yang kecil dan sederhana namun dengan sebuah komitmen yang luar biasa.

Hanya dengan seminggu dua kali berolahraga, menciptakan 1 resep makanan setiap bulannnya, latihan bahasa inggris 4 jam seminggunya, dan hal-hal lain yang jika dilakukan dengan konsistensi akan menghasilkan sebuah manfaat yang luar biasa.

So…semangat yang menggebu-gebu itu memang penting, tapi belajarlah untuk menakar seberapa besar dan seberapa kecil hal-hal yang sepantasnya kita ciptakan.

Konsisten yang akhirnya menciptakan sebuah rutinitas. Hal-hal baik yang dilakukan secara konsisten akan memberikan banyak kebaikan dan hal-hal yang luar biasa.

Ayo…KONSISTEN-lah dalam melakukan segala hal yang Kamu anggap baik dan benar.

*pelajaran sepanjang perjalanan Saya menjemput adik Saya bimbingan belajar

2 Comments

Filed under Tulisan Dyan

2 responses to “Salah Satu dari Banyak Faktor Sukses

  1. Nice article….sangat inspiratif. Good luck and salam kenal yach sob…by mesin roti

Leave a Reply

