Kampanye Sederhana “Hidup Sehat Selagi Muda”

Anda pasti punya “cita-cita setinggi langit” ? atau
Punya “berjuta-juta target hidup” ?

Mulailah semuanya dengan mencintai diri Anda sendiri, itulah kunci meraih semuanya.
Mencintai diri sendri dengan cara “hidup sehat selagi muda.”

Saya baru berusia 23 tahun, tepatnya bulan November nanti. Saya berada dilingkungan yang notabene rata-rata berusia tidak jauh dari saya. Namun apa yang saya lihat “obesitas, keluhan-keluhan dari sakit pinggang, susah buang air besar, pegal dibagian pundak, dan banyak lagi”.
Saya mulai bertanya pada diri Saya “Apakah Saya sudah cukup sehat dengan keadaan Saya sekarang?”
Pertanyaan yang muncul kira-kira 4-5 bulan yang lalu. Pertanyaan yang akhirnya membuat Saya sadar, untuk tetap bisa bertahan meraih segala cita-cita dan target hidup Saya.

Memang benarnya adanya kalau masalah umur ada di tangah Tuhan, tapi Tuhan memberikan kita otak dan akal untuk bisa pintar memilih mana yang terbaik untuk diri kita.

Let’s start…
Ini adalah kebiasaan rutin saya sehari-hari. Saya hanya ingin men-share kan pengalaman Saya saja.

Pertama, pola istirahat yang benar

Hal yang masih sangat sulit Saya lakukan sampai dengan detik ini adalah tidur malam tepat waktu. Hampir setiap malam Saya tidur di atas jam 10. FYI, tidur di atas jam 10 (atau terlalu malam) memberikan efek negatif diantaranya hilangnya konsentrasi (dapat mengurangi performa Anda sehari-hari), mengantuk seharian sehingga kepala pusing, dan yang paling fatal adalah jam bilogis terganggu. Jam biologis terganggu memiliki efek negatif jangka panjang seperti rasa mual, sering sakit perut, dan tidak selera makan.
So, usahakan untuk tidur tidak diatas jam 10 malam dan lama tidur minimal 6 jam.

Ke dua, minum air putih sesuai yang dibutuhkan oleh tubuh

Saya dulu bermasalah dengan penyakit maag Saya dan dokter hanya berkata “banyak monum air putih”. Seperti Saya sekarang, saat bangun tidur saya langsung minum air putih sebanyak-banyaknya (kalau mampu langsung 2 liter,tapi kalau tidak mampu, 2 gelas saja seperti Saya), lalu sepanjang hari minum minimal 8 gelas. Makin banyak makin bagus. FYI, air berfungsi untuk menetralisir semua racun dan bahan enzim yang tidak bermanfaat dalam tubuh. Yang akhirnya dikeluarkan bersamaan air urine. Dan saat Saya perhatikan dulu, sebelum Saya banyak minum air putih air urine Saya sangat keruh, kulit Saya kering, badan Saya tidak segar, perut Saya kadang nyeri. Tapi sekarang keadaan Saya sudah jauh berubah.
Memang awalnya pasti sangat sulit untuk membiasakan diri minum banyak air putih, sangat sulit saya akui itu. Namun lama kelamaan pasti akan terbiasa dan terbiasa pula dengan bolak-nalik ke kamar mandi.

Ke tiga, olahraga minimal sejam sehari

Olahraga itu sangat menyenangkan buat Saya, berawal dari anjuran dokter tulang Saya untuk renang seminggu dua kali. Mulai saat itu Saya mulai rajin renang (meski hanya bisa gitu-gitu saja) meski sebulan paling 2 sampai tiga kali, itupun hanya bolak-balik panjang atau lebar dari kolam renang. Awal mulanya Saya sangat terengah-engah, tak sanggup menghabisi lebar kolam renang apa lagi panjang kolam renang, tapi lama kelamaan Saya mulai menikimati dan tidak terasa Saya pun kuat sampai 10 kali bolak-balik. Memang olah raga renang cukup mahal buat Saya, sekali renang bisa menghabiskan 25 rb sampai 50 rb. Maka dari itu Saya mulai mencari olahraga lain seperti yang Saya lakukan setiap harinya yaitu lari mengelilingi rumah saya selama minimal 1 jam. Yang penting adalah tubuh kita bergerak dan berkeringat, dan terkadangpun Saya bersepeda. Intinya dalam sehari minimal Saya olahraga satu jam. Dan keringat yang berkucuran dari tubuh Saya itulah yang membuat Saya terlihat fresh dan seksi. I really like that…^^

Ke empat, makan yang sehat

Makan yang sehat dalam arti Saya adalah makan nasi tidak berlebihan (meski susah, tapi Saya masih tersu mencoba. Makan nasi berlebihan akan menyebabkan asam lambung kita naik, jadi sebaiknya konsumsi nasi secukupnya saja). Selalu tambahkan sayur dan satu macam lauk (yang papling sehat menurut Saya adalah ikan). Selain itu setiap pagi Saya selalu menkonsumsi buah (sebanyak satu piring) atau jika tidak suka bisa di jus, buah ini yang akan menetralkan asam yang ada di lambung kita. Dan mulai usia kepala dua puluh berusahalah untuk menghindari konsumsi daging yang berlebihan dan makanan-makanan yang mengandung lemak. Memang masalah “makan” adalah masalah yang sulit sekali dihindari, Kita terbiasa dengan makanan-makanan lezat yang terbuat dari bumbu-bumbu penyedap rasa, lemak-lemak yang nikmat, dan makanan-makanan yang hanay memberi kenikmatan sesaaat dan menyusahkan kita saat tua nanti.
But, keep on trying to consume “the right food”. Intinya adalah makan yang seimbang karena terlalu banyak makan sayur pun akan berdampak negatif untuk asam urat kita. So, makan lah dengan takaran yang cukup dan pas, jangan berlebihan. Yup, 4 Sehat 5 Sempurna…

Ke lima, “pantangan-pantangan di hidup Saya”
Say no to “drugs”.

Say no to “smoking”.

Say no to “drink soda.”

The Last,

Dan hal terakhir yang selalu Saya terapkan adalah banyak tersenyum, menikmati semua yang Saya lakukan, berpikiran positif, dan berbahagia selalu dengan apapun yang Saya miliki sekarang.
Jiwa yang sehat akan sangat mempengaruhi kesehatan raga kita.
So, enjoy you life friends!!!

Semoga bermanfaat yah…
Cintai diri kita dengan berusaha “Hidup Sehat Selagi Muda”

Sehingga segala target-target, mimpi-mimpi dan cita-cita akan semakin dekat dengan Anda!!!!
Hidup sehat adalah sebagian dari iman…

Salam sehat,
Dianita Tiastut

Leave a comment

Filed under Tips & Trik

Leave a Reply

