PRJ (Pekan Raya Jakarta), apa itu ??

Pernah denger kata “PRJ (Pekan Raya Jakarta)” atau “Jakarta Fair”?? Pasti udah gak asing lagi yah buat kalian terutama orang-orang jakarta. Ya…PRJ adalah pameran tahunan terbesar di Jakarta dimana acara tersebut dalam rangka memperingati Hari Jadi kota Jakarta yang tepat jatuh pada 22 Juni. Sebenernya seh PRJ udah lama banget diselenggarain tepatnya mulai daari tahun 1968 dan pencetus dari acara ini Bapak Gubernur Ali Sadikin, dan hebatnya gak pernah putus acara tersebut diselenggarakan. Jadi bisa dibilang sudah 42 kali PRJ meramaikan kota Jakarta. Fyi, Pemerintah DKI mengeluarkan Peraturan Daerah (Perda) no. 8 tahun 1968 yang mengatur penyelenggaraan PRJ tersebut. So…resmi banget yah ternyata PRJ itu.^.-

Khusus Pekan Raya Jakarta atau Jakarta Fair 2010 kali ini diselenggarakan sejak tanggal 10 Juni hingga 11 Juli 2010. Adapun tema Pekan Raya Jakarta 2010 seperti yang diungkapkan oleh Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo yakni Jakarta Fair 2010 turut memperkokoh perekonomian nasional.

Rangkaian kegiatan peringatan Hari Ulang Tahun kota Jakarta ke-483 tahun 2010 ini mengusung tema sentral dengan keragaman kita bangun Jakarta sebagai kota jasa yang ramah lingkungan seiring dengan tema tersebut dapat dilaporkan Jakarta Fair tahun 2010 mengambil tema Jakarta Fair tahun 2010 turut memperkokoh perekonomian nasional”.

Ada yang berbeda dari agenda acara Pekan Raya Jakarta atau Jakarta Fair 2010. Menurut penuturan Mahardi Saputra, Manager Promotion dan Sponsorship PT. JI.Expo, penyelenggara Pekan Raya Jakarta 2010, perbedaan PRJ kali ini yakni nonton bareng Piala Dunia di dalam area Pekan Raya Jakarta. Jadi PRJ ini turut meramaikan dan menyemarakkan pesta bola dunia.

Untuk yang sekarang ini yang special kita bebarengan dengan Piala Dunia, tentunya kita akan mempersiapkan itu. Dari Piala Dunia itu, kita punya 3 panggung untuk nonton bareng Piala Dunia. Dan di panggung utama, kita mempunyai 3 LCD screen dan didukung oleh sound sistem 3000 watt dimana itu kalau nonton bareng udah kaya di stadion aslinya. Karena yang datang, tiap malam, apalagi weekend sampai 150 ribu orang, jadi pas goal itu serentak teriaknya itu sampai bergetar itu area PRJ, itu seru sekali”.

Walau undah 42 kali diselenggarakan (percaya gak percaya) saya baru tahun ini (2010) dateng ke PRJ.hehe;p.. itupun gak disengaja. Biasanya cuman denger dari orang “Gila…PRJ rame banget!” sekarang sudah bisa ngerasain sendiri ramainya PRJ. Tepat tanggal 27 Juli 2010 untuk tahun ini diadain di Arena PRJ Kemayoran Jakarta Pusat,  (jauh dari rumah saya di Depok.hehe) saya dan teman-teman SMA saya  (Ratih, Galih, Amy, Yunus dan Indri) akhirnya mengunjungi “pesta akbar” kota Jakarta tersebut.

Bisa dibayangin kita berangkat jam setengah tiga dari Depok dan tiba disana sekitar jam setengah enam, mepet banget sama magrib. Wow….”macet” adalah kata pertama yang terlintas saat saya ditanya oleh teman saya seputar pengalaman saya ke PRJ. Lebih tepatnya macet setelah pintu keluar tol, ngantri untuk masuk ke pintu masuk PRJ –untung kali ini bukan saya yang nyetir;p thx to Galih dan Amy-.

Kita beruntung karena dapet parkiran tepat didepan pintu masuk pertama, (terdapat 7 buah pintu masuk untuk pengunjung, yakni Pintu A, Pintu D, Pintu F, Pintu G, Pintu L, Pintu I-1, Pintu K, dan Pintu 2). So…kita langsung tancappp beli tiket masuk sebesar Rp 20.000,- (harga untuk hari Jumat Sabtu dan Minggu, untuk hari selain itu hanya Rp15.000,-), nilai yang gak begitu besar yang dapat dijangkau oleh semua kalangan dan nilai yang selalu sama setiap tahunnya. PRJ dibuka setiap hari mulai pukul 15.30 hingga 22.00 pada hari biasa, dan mulai pukul 10.00 hingga 23.00 pada hari Sabtu dan Minggu. Kami diberikan karcis elektronik smart-card..Pemandangan pertama yang saya lihat adalah tulisan “Gambir Expo” yang merupakan pintu masuk ke dalam PRJ.

“Wow….Rame banget” kata pertama yang tercetus dari mulut saya. Gimana gak rame orang PRJ itu berisikan event pameran, promosi bisnis, pagelaran seni budaya, festival musik nonstop selama 32 hari penuh yang akan diramaikan oleh berbagai artis penyanyi dan band papan atas Indonesia diantaranya adalah Agnes Monica, Superman is Dead, Iwan Fals, Kerispatih, ST 12, Tony Q, Boomerang, Gigi, Sheila on 7, The Changcuters, TRIAD, Dewa, Andra & Backbone, Pas Band, The Upstairs, Maliq&D essential, Netral, Padi, Slank, Tipe-ex, Ungu, Cokelat, Nidji, Godbless dan Naif, dimana acara tersebut merupakan terbesar di Indonesia. Jyi, PRJ tersebut diikuti oleh 2.500 perusahaan yang terdiri dari 1.500 stand, 27 propinsi, dan ratusan pengusaha kecil serta koperasi dari seluruh Indonesia. Dan untuk kalian tahu seluruh area yang dipergunakan untuk PRJ adalah 44 hektar, mencakup 13 zona pameran dan sarana prasarana lain seperti tempat parkir dengan kapasitas lebih dari 9.000 mobil dan 25.000 sepeda motor, masjid, danau, dan lain-lain. Panitia menyediakan musholla di setiap hall yang digunakan untuk pameran. Arena PRJ Kemayoran juga memiliki lebih 63 titik toilet dan 30 titik toilet portabel untuk pengunjung PRJ 2010, dengan jumlah total urinoir mencapai lebih dari 800 buah. Wow….mantabbbb!!!!! Gak kebayang yah panitia dari acara ini…^^

Semua orang berbelanja, semua yang orang cari bisa di dapat disini. Semua merk helm, sepeda, barang elektronik, makanan… semuanya ada disini. Sayangnya waktu saya datang saya lagi gak punya uang.hehe. jadi gak beli apa-apa deh;p. Ya…cuman nyobain kerak telor (baru pertama kali juga lho saya makan kerak telor.hehe;p) Jyi, kerak telor adalah makanan asli daerah Jakarta (Betawi), dengan bahan-bahan beras ketan putih, telur ayam, ebi (udang kering yang diasinkan) yang disangrai kering ditambah bawang merah goreng, lalu diberi bumbu yang dihaluskan berupa kelapa sangrai, cabai merah, kencur, jahe, merica butiran, garam dan gula pasir. Ternyata enak lho “kerak telor”, apalagi makan sama nasi hangat dan ditambah saos sambal.hehehe;p

Pengalaman pertama yang menyerukan sekali, apa lagi ditambah teman-teman saya yang gokil habis. Kita serasa main ular tangga lho, kita saling berpegangan pundak belakang untuk menerobos jalan yang begitu padat oleh orang-orang, yupss…Indri teman saya yang menjadi lokomotif dari kereta-keretaan ular tangga kita.hehe..sampe ada neriakan kita lho “Wah….ada huru hara…..!!!!” saking kencengnhya kita jalan tanpa melihat siapa yang ada di depan dan kanan kiri kita.hehehe… seru banget memang. Ketemu teman lama aja sudah seru, ditambah datang ke acara yang super duper dahsyat tambah poll serunya^^hehe….

Ya,,,untuk kali pertama ke PRJ

Untuk kali pertama makan kerak telor

^.^

Satu pertanyaan yang ada benak saya saat itu “Berapa banyak yah orang yang ada di Arena PRJ Kemayoran ini?”. Saya mencari tahu dan ternyata khusus untuk hari sabtu minggu yang dateng berkisar antara 100 ribu sampai 200 ribu orang.

Ya…moment liburan sekolah juga menjadi faktor utama yang membuat PRJ ini semakin banyak pengunjungnya. Benar-benat dapat disebut “pesta rakyat” dan hiburan yang murah untuk warga Jakarta dari berbagai kalangan ekonomi. Entah berapa total transaksi yang berlangsung selama acara ini. Semoga tema Jakarta Fair tahun 2010 “turut memperkokoh perekonomian nasional” seperti yang dituturkan Bapak Fauzi Bowo dapat tercapai.

Ayooo…datang ke PRJ^.^

Saya sudah pernah lho, akhirnya,,,hehehe

Terima kasih Indri, Ratih, Amy, Galih, Yunus….^^

7 Comments

Filed under Jalan-jalan

7 responses to “PRJ (Pekan Raya Jakarta), apa itu ??

  1. Joe

    Waah.,seru juga yaa kayaknya..
    Percaya ga percaya.,aq aja blom pernah ksana juga.😛

    Keep blogging yaa.,semangat..🙂

  2. Diiii.. Senang’a diabadikan dlm bentuk tulisan.. ^^
    Gak sabar nunggu 2 minggu lagi, ayoo kita jalan2 lagiii🙂

    Oiya, ratih link yaa blog’a..

  3. Cerita yang menarik !!🙂
    ternyata isi nya lebih update haha

  4. hahaha salah..ternyata ceritanya 2011…lagi nyari jumlah pengunjung disana
    aku juga tahun ini baru pertama kali pergi ke PRJ..hahaha😀

    salam kenal juga🙂 sukses juga ya !!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s