Gak Gendut dan Gak Kurus

Sehat itu hal yang paling diidam-idamkan oleh semua orang. Badan yang tidak gendut dan tidak kurus juga menjadi impian semua orang. Tapi kenapa yah hal itu sulit untuk dicapai oleh kebanyakan kita ???

Badan saya dibilang kurus seperti kata orang  “gak juga” tapi memang keliatannya kurus. Dulu saya memang sering sakit-sakitan, penyakit maag tepatnya dan saya paling tidak suka yang namanya minum air putih. Sempat beberapa kali dirawat karena kondisi lambung yang gak beres. Sampai pada akhirnya saat saya dirawat terakhir, seorang dokter berbicara kepada saya “Kalau Mba gak suka minum air putih, Mba bisa mati!”. Kata-kata dokter itu yang masih saya ingat sampai sekarang.

Sampai dengan saat ini saya tidak pernah sakit lagi dan badanku tetap bertahan dengan berat yang sama “Gak gendut dan gak kurus”. Hidupku mulai berubah setelah perkataan dokter itu, ditambah dengan “kiat sehat” dari Papah saya tersayang. Saya berusaha hidup sehat menurut cara saya (nasihat dokter dan Papah saya). Ternyata sehat itu mudah lho..

Lets start!!

Saya ceritakan mulai dari saya bangun pagi hari..

  • Bangun pagi langsung minum segelas air putih tanpa menggosok gigi terlebih dahulu
  • Sarapan dengan sepiring buah (biasanya apel, pepaya atau melon) dan kembali meminum segelas air putih atau lebih baik dengan minum segelas susu
  • Olahraga, minimal 1000 langkah setiap hari atau dengan lari pagi minimal setengah jam dan maksimal satu jam di halaman rumah, sambil melakukan gerakan-gerakan yang menggerakkan seluruh anggota tubuh
  • Setelah olahraga kembali minum segelas air putih
  • Jangan makan nasi sebelum pukul 11.00
  • Makan berat dengan porsi nasi yang sama banyak dengan porsi sayur ditambang lauk (empat sehat lima sempurna) dan ditutup dengan segelas air putih
  • Antara pukul 12.00-15.00 bisa mengisi perut dengan cemilan atau buah-buahan segar (buah-buahan bisa diganti dengan segelas jus)
  • Pukul 17.00 (sebelum pukul 19.00) kembali makan berat dengan komposisi yang sama seperti makan siang (banyak nasi sama denganbanyaknya sayur) lalu ditutup dengan minum segelas air putih
  • Setelah pukul 19.00 isilah perut dengan makan buah-buahan atau segelas jus (dilarang keras makan nasi)
  • Satu jam sebelum tidur minum segelas air putih
  • Tidur sebelum pukul 22.00 (hal yang masih saya sulit lakukan)

Jadi yang perlu diingat :

  1. “1000 LANGKAH SETIAP HARI”
  2. “MINUM MINIMAL 8 GELAS AIR PUTIH”
  3. Jangan makan nasi sebelum jam 11.00 dan setelah pukul 19.00
  4. Kalau lagi kelaparan “ngemil  buah”
  5. Setiap makan, porsi nasi sama dengan porsi sayur
  6. dan terakhir NIAT!!!!!!

Saya sudah mencoba dan membuktikannya

Peduli kesehatan selagi masih muda

-Selamat menjalani hari-hari yang sehat-

^_^

8 Comments

Filed under Tips & Trik

8 responses to “Gak Gendut dan Gak Kurus

  1. Syamsul

    Siaaapppp!!! Laksanakaannn!!!!
    Thanx Tips nya …😀

  2. kayaknya aku perlu lebih banyak makan buah dan sayur nih

  3. Alif ;)

    Wah ini tips diet bagus buat adeku Kak Di, lagi dipraktekin tuh. Hihihi. Anyway, nice blog, nice writer!

  4. nifal

    Ok saatnya m’buktikan tipsmu say..aku sm ky km yg dulu “ga suka minum air putih”..mulai skrg mau bshbt ah sm air putih..
    Nice tips dear :*

Leave a Reply

