Pengertian Public Relations (PR)

Public Relations di Indonesia diterjemahkan ke dalam Hubungan Masyarakat. Kata masyarakat yang sangat luas cangkupannya dan terjemahan tersebut pada prakteknya lebih menekankan kepada publik eksternal, padahal sesungguhnya Humas harus dapat melakukan komunikasi internal dan eksternal. Di Indonesia istilah Humas lebih banyak digunakkan di lembaga-lembaga pemerintahan atau organisasi non-profit sedangkan istilah Public Relations digunakan dalam organisasi atau perusahaan swasta profit. Ada beberapa pengertian yang menjelaskan apa itu Public Relations atau Humas, antara lain :

Menurut Cutlip, Center dan Glen Broom dalam bukunya Effective Public Relations:
“Public Relations is the management function which evaluates public attitudes , identifies the policies ang procedures of an individual or an organization with the public interest, and plans and executes a program of action to earn public understanding andacceptance”.

Fraser P. Seitel dalam The Practice of Public Relations:
“Public Relations is a planned process to influence public opinion, through sound character and proper performance, based on mutually satisfactory two-way communication”.

Enam puluh lima kepala Public Relations menganalisis 427 definisi yang berbeda-beda mengenai Public Relations dan akhirnya disimpulkan melalui 88 kata , yaitu:
“Public Relations is a distinctive management function which helps establish and maintain mutual lines of communications, understanding, acceptance, and coorperation between an organization and its publics; involves the management of problems or issues; helps management to keep informed on and responsive to public opinion; defines and emphasizes the responsibility of management to serve the public interest; helps management keep abreast of and effectively utilize change, serving as an early warning system to help anticipate trends; and uses research and sound ethical communication techniques as its principal tolls.”

Edward L. Bernays, dalam bukunya Public Relations mengatakan:
“Public Relations has three meanings : (1) information given to the publi;, (2) persuasion directed to the public to modify attitudes and actions of an institutio; (3) efforts to integrate attitudes and actions of an institution.”

Terdapat banyak definisi-definisi lainnya selain yang telah disebutkan di atas, namun dari definisi-defini tersebut dapat disimpulkan bahwa Public Relations atau Humas adalah suatu proses perencanaan yang dapat dikaitkan dengan fungsi manajemen dan merupakan penghubung antara khalayak internal perusahaan/lembaga/organisasi dan khalayak eksternal dengan masyarakat luar yang terkait dengan lembaga/organisasi tersebut. Serta memiliki kesamaan pokok pikiran, yaitu :

1. Public Relations merupakan suatu kegiatan yang bertujuan memperoleh goodwill, kepercayaan, saling pengertian, dan citra yang baik dari publik/ masyarakat.

2. Sasaran public relations adalah menciptakan opini publik yang favourable, menguntungkan semua pihak.

3. Public realtions merupakan unsur yang sangat npenting dalam manajemen guna mencapai tujuan yang spesifik dari organisasi/ perusahaan.

4. Public relations adalah usaha untuk menciptakan hubungan yang harmonis antara suatu badan/ organisasi dengan masyarakat melalui suatu proses komunikasi timbal-balik atau dua arah. Hubungan yang harmonis ini timbul dari adanya mutual uderstanding, mutual confidence, dan image yang baik. Ini semua merupakan langkah-langkah yang ditempuh oleh public relations untuk mencapai hubungan yang harmonis.

About these ads

Leave a comment

Filed under Komunikasi & Humas, Skripsi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s