Sekilas Tentang “Aktuaria”

Aktuaria, kata yang telah saya sebutkan di artikel pertama saya ketika membuat blog ini. Aktuaria tepatnya adalah jurusan yang saya ambil saat kuliah Diploma di Universitas Indonesia. Awal mulanya saya tidak tahu apa-apa mengenai aktuaria sampai pada akhirnya saya lulus D3 dan bekerja dibagian aktuaria di salah satu perusahaan asuransi tertua di Indonesia, saya sedikit demi sedikit mengerti “esensi” dari profesi aktuaris tersebut.

Saat ditanya oleh beberapa orang pertanyaan yang masih saya ingat sampai sekarang “Apa seh aktuaria ?” ya… saya selalu menjawab dengan singkat pertanyaan tersebut “Matematika asuransi”. Orang akan menjadi tahu sedikit tentang kata tersebut. Dimanapun dan kapanpun orang selalu bertanya tentang jurusan kuliah saya itu, sampai terkadang saya malu dengan jurusan yang saya ambil itu. hehehe;p, tapi sekarang saya sangat tidak malu, saya bangga dengan pendidikan yang telah saya tempuh selama 3 tahun yang bekaitan dengan bidang aktuaris, yah lagi-lagi karena saya adalah orang yang beruntung mengetahui tentang ilmu tersebut, yuppp dikarenakan dari banyak penduduk Indonesia hanya segelintir kecil yang mengetahuinya. Beruntung sekali saya mengetahui sesuatu yang sangat menjanjikan dan masih dapat dikatakan langka.

Statistik 1 2 3, Matematika Dasar, Matematika Asuransi, Ekonomi, Demografi dan lainnya adalah mata kuliah atau pelajaran-pelajaran yang saya pelajari selama kuliah di jurusan tersebut. Jadi sangat tepat jika saya menjawab pertanyaan orang-orang mengenai apa itu aktuaria ” Matematika Asuransi”. Karena memang hampir seluruh mata kuliah berkaitan dengan hitung-hitungan (matematika).

Sempat keteteran mengikuti perkuliah, secara saya tidak begitu mahir dan tertarik dengan matematika. Tapi saya coba mengikutinya, dan bersyukurlah saya karena diajar oleh dosen-dosen yang notabene orang-orang penting di dunia asuransi seperti mantan direktur AJB Bumiputera 1912 dan orang-orang penting lainnya. So…saya berhasil lulus tepat waktu dan dengan hasil yang bisa dibilang memuaskan menurut takaran saya. Dan beruntunglah saya karena langsung ditawari kerja di departemen Aktuaria AJB Bumiputera 1912.

FYI, Aktuaris adalah gelar profesi yang disandang oleh orang-orang yang telah lulus mengikuti serangkain tes yang diselengarakan oleh PAI (Persatuan Aktuaris Indonesia). Bisa dilihat situsnya di http://www.aktuaris.org/ . Sampai dengan saat ini Aktuaris di Indonesia masih sangat sedikit dibanding lapangan pekerjaan yang sangat banyak (terdapat kurang lebih 90 perusahaan asuransi di Indonesia).  So…sangat menjanjikan sekali untuk berkarier dibidang tersebut.

Baru saja saya membuka salah satu blog teman saya yang merupakan lulusan Matematika Universitas Indonesia, Amri Ilmma. Dia menceritakan sedikit tentang aktuaria yang merupakan salah satu mata kuliah peminatan dari jurusan matematika. Yups..”Bagi yang bercita-cita untuk menjadi aktuaris, maka ini adalah pilihan yang cocok. Aktuaris adalah seorang ahli yang dapat mengaplikasikan ilmu matematika, keuangan, dan teori statistika untuk menyelesaikan persoalan-persoalan bisnis aktual. Salah satu pekerjaannya adalah bagaimana menentukan rate premi asuransi.” penjelasan singkatnya mengenai aktuaria.

Terdapat salah satu yang informasi yang sangat menarik ditulisannya yang berjudul “Matematika : Apa, bagaimana, dan  mau jadi apa ?” :

“CareerCast meniliti tentang 200 pekerjaan terbaik dan terburuk di Amerika tahun 2010 berdasarkan 5 kategori utama, yaitu tingkat pendapatan, prospek pekerjaan, lingkungan kerja, tingkat stress, dan tuntutan fisik. Penelitian tersebut menggunakan data dari Biro Statistik Tenaga Kerja Amerika, Sensus, dan Studi Asosiasi Dagang. Berikut adalah ranking teratas dari 200 pekerjaan yang diteliti”

Data  ini jelas sangat mendukung pernyataan awal saya bahwa profesi aktuaris sangat menjanjikan. Dan jika ingin mengetahui lebih lanjut tentang aktuaria bisa bertanya dengan saya atau lihat blog teman saya Amri Ilmma..

So…bagi yang menyukai matematika gak ada salahnya mencoba bidang ini. ^_^

107 Comments

Filed under Aktuaria (Matematika Asuransi)

107 responses to “Sekilas Tentang “Aktuaria”

  1. cookie monster

    wah wah jadi tambah semangat jalan di aktuaria hehehe…

  2. Herman

    saya mahasiswa matematika FMIPA UNTAN dan kebetulan di perkuliahan kami tidak ada disuguhkan yang namanya mata kuliah Matematika Aktuaria… tapi apakah mungkin saya masih bisa mengambil minat ke Matematika Aktuaria ini sebagai Tugas Akhir???? mohon pencerahannya

    • Terima kasih sebelumnya karena telah membaca blog saya.

      Saya tidak begitu paham mengenai jurusan Matematika MIPA, jadi saya tidak bisa memberikan masukkan apa-apa.
      Tapi saya punya teman yang sudah lulus dari jursan Matematika UI, dan Ia sangat mengerti tentang Matematika dan Aktuaria.
      Ada baiknya kalau kamu menghubungi Dia, melalui blognya. Di blog saya tercantum nama “Amri Ilma”. Kamu bisa blognya tersebut dan mengirim pesan.

      Maaf tidak bisa membantu banyak.

      Sukses untuk skripsinya^.^

      Salam kenal.
      Dianita Tiastuti

  3. Aldi halid

    MAkin mantaf aja nich dindaku yg satu…semangat.

  4. eko

    Mbk…kira2 untuk jurusan aktuaria di UI ada gak ya untuk jenjang S2 ?? Saya mahasiswa ekonomi pembangunan yg ingin kuliah di jurusan aktuaria

  5. Dilla

    hi ka, aku juga skr kuliah di d3 UI jurusan adm asuransi dan aktuaria semester 3.
    dan skr lagi dibuat pusing sama pengantar matematika asuransi.
    salam kenal yah :)

  6. Erva Ccharonei

    hey teh..
    salam kenal ya
    saya dari jurusan statistika Unpad
    rencana akan mengambil tugas akhir aktuaria dan akan magang di Bumiputera untuk studi kasusnya
    bs minta bantuan teh???
    nuhun….

  7. wied

    salam kenal ka!!
    saya mahasiswi jurusan matematika tingkat akhir..
    sekarang lagi ada perkuliahan Analisis Data Uji Hidup (ADUH),,
    trus, saya dapet tugas buat nyari info atau artikel sebanyak-banyaknya tentang aplikasi ADUH pada asuransi,,
    kalo kata dosennya sih namanya “AKTUARIA”..
    saya mau minta tolong ka,,
    ada saran ga, buku apa yang harus saya baca?
    trus, kalo artikel yang bagus dari internet tentang aktuaria, nyarinya dimana ya ka??
    Aduh, maaf ya nanyanya kebanyakan..soalnya saya bener-bener “buta” tentang aktuaria..
    makasih ka!!
    mohon bantuannya…..
    o ya, tetep nulis ya ka, saya seneng baca blog nya!!!

    • Halo salam kenal juga Wied…
      Wow..buku tentang aktuaria yah, agak susah tuh Wied.
      Tapi nanti aku tanyakan temanku dulu yah,
      Di internet jarang banget tentang aktuaria, itu salah satu kesulitanku juga saat aku kuliah dulu.
      Nanti aku kabari kamu secepatnya yah…

      Terima kasih Wied^^

  8. wied

    ok, ka!!!
    saya tunggu ya ka,,
    mohon banget bantuannya…
    thx a lot..

  9. lita

    mau nanya ka..
    jurusan aktuaria ada di universitas mana aja skg ?
    hanya ada jenjang d3 dan s2 ya ??
    makasih^^

  10. lita

    ka,mau nanya nih..
    jurusan aktuaria ada di universitas mana aja sekarang ?
    memengnya hanya ada jenjang d3 dan s2 ?
    thx atas informasinya..

    • Halo Lita….
      Setau aku aktuaria hanya ada di UI (D3, S2 nya sudah tidak ada).
      Ada manajemen asuransi bukan aktuaria di Akastri (Asuransi Trisakti).
      Sebetulnya aktuaria ada D3 S1 dan S3 nya namun di luar, rekomendasi aku University of The Philipin.

      Semoga membantu.

  11. diana

    hallo…
    abangku jurusan matematika aktuaria dari amerika. kira-kira ada info lowongan ngga ya ??? bisa minta ym or facebook ??

    thanks

  12. wah kok aku jadi mau masuk MTK UI ya hehe

  13. aditya fadlin

    gw bingung mau lanjutin ekstensi kmana nih!

    • Masuk tahun 2005. U?

      Untuk masalah lanjut, tanya dulu dalam hati “mau serius tetap di aktuaria atau tidak”.
      Kalau mau lanjut di aktuaria, saya merekomendasikan ke Filipin, University of The Filippine.
      Kalau mau di Indonesia tidak ada jurusan spesifik aktuaria, ada manajemen asuransi di Akastri “Asuransi Trisakti”.
      Kalau mau yang general, lanjut aja ke esktensi Ekonomi UI.

      Semoga membantu yah.
      Salam kenal:)
      Terima kasih.
      Sukses selalu…

      • aditya fadlin

        saya masuk 2008.
        lagi magang di asuransi parolamas…
        kalau buat aktuaria ada ujian yang kayak AAMAI gt gak?
        kalau d UI ngambil Ekstensi Manajemen, lama lulusnya.

        • Oh, saya lulus kamu baru masuk yah.
          Ada ujian PAI dan AAMAI. Bisa dicek di website.

          Yah, semua hal yang luar biasa memang gak mudah dan sebentar.
          Masalah lama atau tidaknya juga tergantung diri kita sendiri.
          So, pilih aja apa yang kamu merasa pas sama diri km.

  14. aditya fadlin

    Alumni SMA 1 Depok jg nih?
    Website PAI apa y?Saya dari kantor di suruh ikut PAI

  15. xxx

    Itu diartikel Mba Dian sudah tercantum alamat PAI.
    http://www.aktuaris.org/

  16. Jessica Aprilia

    Pagi,,
    saya sekarang mahasiswa S1 teknik industri di univ swasta jakarta,
    dan saya berminat untuk melanjutkan studi di bidang aktuari..
    namun saya kekurangan informasi mengenai universitas-universitas mana saja yang memiliki jurusan tersebut dan tergolong bagus..
    kiranya Mba Dian bisa mmbantu saya mengenai info tsb? :)
    trims..

    • Halo Jessica, maaf yah aku baru balas.
      Kamu bisa lihat komen-komen ku disini, aku cukup memberikan informasi yang kamu butuhkan.
      Tapi kalau boleh Saya bertahu kembali untuk jurusan aktuari S1 atau S2 sudah tidak ada lagi di Indonesia (sepengetahuan Saya).
      Yang ada dulu S2 di Ekonomi UI, mungkin kamu bisa menceknya kesana.
      Atau ada jurusan manajemen asuransi (serupa sedikit dengan aktuaria) di AKASTRI Asuransi Trisakti.

      Kalu boleh Saya sarankan ada baiknnya kalau kamu melajutkan ke luar Indonesia, Filipina.
      Disana cukup murah dan bagus (FYI, Aktuaria-aktuaria terbaik di Indonseia sebagaian besar lulusan University of the Philippines :

      * University of the Philippines, Diliman
      * University of the Philippines, Baguio
      * University of the Philippines, Los Baños
      * University of the Philippines, Manila
      * University of the Philippines, Mindanao
      * University of the Philippines, Visayas
      * University of the Philippines, Open University

      Semoga bermanfaat yah.
      Sukses selalu untuk Kamu Jessica.
      Thanks for visited=)

  17. irawan

    Sis Dian,

    Saya lagi cari buku untuk persiapan tes PAI. Di mana ya bisa cari atau pinjam buku buku tersebut (seperti yang dicantumkan dalam Pedoman ujian Aktuaris.org).

    Apakah untuk ujian PAI ada persyaratan usia ? Saya menjelang MPP… Saya berminat Aktuaria karena pernah disarankan oleh Direktur Program MM setelah beliau melihat hasil TPA, tapi wkatu itu saya pilih Keuangan.

    Terima kasih ya sis..

    • Hi Irawan.

      Untuk buku PAI biasanya dijual ditempat pendaftaran PAInya sendiri.
      Dulu aku daftar dan beli sama Ibu Grace PAI (2 th yg lalu), namun Saya sudah tdk tahu apakan Beliau masih bekerja di PAI atau tdk.
      Untuk ujian PAI setahu Saya tdk ada persyaratan usia.
      Kamu bs cek ke no.tlp PAI atau berkunjung ke website PAI.

      Semoga membantu ya.

      Sukses selalu yah:D
      Salam kenal…

  18. Dwi Agnes

    Kak dian, Saya mahasiswa Matematika Aktuaria di UPH (Univ Pelita Harapan).
    sy udah ikut ujian PAI untuk matematika keuangan, n skrg lagi nunggu hasilnya..

    Sy mau nanya nihh kak dian.. Kira-kira topik skripsi utk anak aktuaria enaknya apa yahh? sy mau masuk semester 7 n udah mau mulai proposal skripsi.. jadi lagi mikir-mikir nihhh.. Tapi masih ga kepikiran jugaa mau topik apaa >.<

    Contact aku ke email bisa kak?
    thanks kak! ^^

  19. hikmah rahmah

    wah dian kecebur di dunia aktuaria juga toh,sukses ya sis :)

    oia dari komentar diatas,aku mau kasi tau kalo di itb juga ada pascasarjana Aktuaria,mungkin dian berminat untuk lanjut :)

    btw makasi buat info2nya tentang profesi aktuaris :)

    • Halo Hikmah:D
      Aku D3 dl di Aktuaria.
      Tp skrg aq pindah u menggeluti bidang humas, terutama Publicist film dan artis.
      Aku ekstensi jurusan humas:D

      Thx juga ya..
      Sukses selalu u km:D

    • Juni

      setelah ambil magister aktuaria, peluangnya jadi dosen besar ngga ya????
      soalnya aku minatnya mo ngajar, bukannya kerja kantoran,,,
      oh iya salam kenal
      aku juni dr makassar…

    • Juni

      kalo ambil magister aktuaria, peluangnya jadi dosen besar ngga ya???
      soalnya aku minatnya jadi dosen….
      oh iya slam kenal
      aku juni …..

  20. Kak Dian, kalau ingin tau harga pasar premi dari berbagai macam jenis asuransi kerugian bisa cari dimana ya infonya, misal CAR, PAR, CGL, MOP. Salam kenal in advance yah

    • Halo..salam kenal jg:D
      Wah..aku ga tau syg. Tp km bs masuk aja di perusahaan2 asuransi kerugian, dgn alasan mau beli polis, dgn begitu mereka akan kasih harga2 premi. (Cara sederhana yg sering aq lakukan, u analisis pasar sebelum join).hehe

      Thx bgt ya. Sukses selalu:D

      • Ntar dibilang “nanya2 mulu belinya kpn cin”..;-). klo ga, km pny tmn yg tau ttg asuransi kerugian td ga, gak perlu jagoan bgt seh, yg penting bs jelasin risiko perush vs jenis asuransinya, jg pede bicara d dpn umum (kayak di artikel yg dah km tulis ;-), suka travelling termasuk k site, jago excel, buat di oil&gas coy. Klo ada krm surat & cv k vietro46@gmail.com sblm tgl 28 Jun 2011. Sory ya numpang iklan sekalian kan dah temenan hehe..

  21. berma

    kak,saya mengikuti snmptn 2011 dan alhamdulillah keterima di Univ Brawijaya malang jurusan teknik bioproses ( fak.Teknologi Pertanian ) S1.Saya juga mengikuti SIMAK UI dan diterima di Asuransi dan Aktuaria UI D3.Saya sedang bingung dan butuh bantuan kakak.Menurut kakak yang mana yang harus saya pilih bila dinilai dari profesi masa depan secara finansial.Aktuaria itu D3 dan Bioproses itu S1,apakah aktuaria akan lebih sulit untuk mencari pekerjaan?.Saya berminat di kedua duanya,tetapi saya ingin bisa menjadi orang yang sukses secara profesi.I need your reply ASAP,urgent kak.Terima kasih

  22. indira

    Ka,kalo antara s1 matematika sama d3 matematika aktuaria,lebih milih mana?kalo buat kerja,enakan yg mana?makasih :)

  23. saya mahasiswa d3 aktuaria UI..
    salam kenal

  24. wahh , ga nyesel ngambil d3 aktuaria di UI .

  25. Jamal

    Maaf salam kenal…
    kebetulan saya lagi nyari2 kampus yg da jurusan aktuaria. . .
    Tolong ksh tw ya dmn…
    dan yg tw…tolong message k no ini
    0878 7083 0703

  26. Jamal

    Maaf salam kenal…
    kebetulan saya lagi nyari2 kampus yg da jurusan aktuaria. . .
    Tolong ksh tw ya dmn ajah…
    kalo ada yg di bogor,,, tolong ksh tw yg dibogor. . .krn sya tinggal di bogor…
    dan yg tw…tolong message k no ini
    0878 7083 0703
    trm kash

  27. Nicolaus Ernest

    kak aku mau tanya. untuk masuk Aktuaria UI, pas SNMPTNnya bisa dari program IPA aja ga? apa harus IPS atau IPC?
    aku siswa kelas 12 yang lagi nyari2 jurusan buat kuliah, mohon infonya yaa kak :D

  28. farsha

    kak, salam kenal sebelumnya, saya dari sman 1 tasik, mengenai peminatan aktuaria apakah saya bisa menembus dunia perbankan..? tolong kasih saran ya kak…kalau saya masuk fmipa, peminatan mana yang harus saya pilih, untuk menembus di dunia perbankan nanti? terima kasih kak..:)

    • Dear Farsha, sebelumnya terima kasih yah sudah berkunjung ke blog aku^^
      Dunia perbankan sgt umum, skrg bank pun membutuhkan lulusan dr jurusan Aktuaria ataupun matematika.
      Saran ku km bs ambil matematika atau statistik, itu sgt dibutuhkan di bank. Terima kasih^^
      Sukses untuk kamu yah syg..

  29. windyastuti chalimatul unifah

    hai,.salam kenal semuanya.
    senang menyimak pembicaraan di atas.
    maaf ikut nimbrung, saya cuma mau menambahkan beberapa informasi saja. bahwa pada umum nya aktuaria untuk jenjang S1, masuk kedalam S1 matematika. yang nanti setelah semester 3 (mulai semester 3) kalian bisa mengambil mata kuliah pilihan aktuaria agar lebih spesifik lagi ke aktuaria (minat aktuaria).
    yang artinya, dalam hal ini aktuaria sebagai minat saja. bukan sebagai prodi sendiri.

    kemudian untuk S2 nya, di ITB ada prodi aktuarianya yang sudah berdiri sendiri.

    kebetulan saat ini, saya mengambil S2 matematika di UGM (dengan alasan agar tetap in-line dengan S1 matematika yang dulu saya ambil) namun tetap pada minat/spesifikasi aktuaria (yaitu mulai semester 3 saya mengambil mata kuliah-mata kuliah pilihan aktuaria).

    ini dulu yang saya share, semoga bermanfaat

  30. yuni

    halo salam kenal sekedar info,,
    untuk s1 aktuaria di unpad juga ada loh di jurusan matematika,,
    thx,,

  31. Safira azahra

    hai, aku safira. aku mau nanya dong, kampus yang ada jurusan aktuaria dimana ya nd nama kampus nya apa? cz aku mau kuliah di jurusan aktuaria, tolong di balas ya :D
    terima kasih.

  32. umi

    salam kenal kak,
    aku umi, anak matematika um. sekarang aku lg ngerjain skripsi tentang aktuaria n aku bahas tentng anuitas.
    ntar kalo aku ada kesulitan, boleh gak aku tanya ke kakak?
    terima kasih..

  33. mimidjunaidi

    hi…salam kenal mbak dian :D
    aku mau tanya, kira-kira kalo ngelanjutin s1 aktuaria di philipine, ad persyaratan yg harus di penuhi ga mba’? terimakasih ya mbak :D

  34. Mujay

    mba, Saya lulus smk tahun 2011, sekarang saya bekerja sebagai administrasi, tahun ini saya ingin kuliah, tapi saya bingung harus ambil jurusan apa, dari kecil saya suka matematika, dan menurut mama saya saya ambil matematika saja, tapi saya takut, kalau nanti saya ambil matematika, rumit sekali pelajarannya,, takut kalau suatu hari nanti ada yang bertanya, dan saya tidak bisa jawab ..
    itu yang saya takutkan ..
    satu hal lagi saya bingung harus ambil kuliah malam atau sabtu minggu agar saya tetap bisa bekerja ..

    i need u’r help sist ..
    terimakasih ..

  35. koko

    kalo kuliah dan pekerjaannya bukan dibidang situ bisa gak ya?soalnya saya trtarik dngan jenis pekerjaan yg diatas..

  36. Inggit syah putri

    Waaah…spertix enak tuh jdi aktuaris… Tpi mata kuliah yg d ajarkn sush” gak???

  37. jayanti fs

    kak, sy berhasil masuk d adm asuransi dan aktuaria UI nih kak….
    boleh donk sy dpat ilmu dr kakak….

    • wah..selamat yah^^ boleh sekali. Sukses yah^^

      • kak, aku nova, jurusan matematika fmipa universitas andalas.
        sekarang lagi pusing2nya nyari bahan untuk skripsi. aku udah mutusin untuk ambil tentang aktuaria, matematika asuransi.
        kemarin proposal udah di terima, tapi abis itu pembimbing minta ganti jadi lebih sederhana. sedangkan contoh skripsi aktuaria itu susah banget dicarinya kak..:(
        menurut kakak aku baiknya ambil judul apa untuk skripsi aku ya kak? tolong banget..

  38. kak, aku nova, jurusan matematika fmipa universitas andalas.
    sekarang lagi pusing2nya nyari bahan untuk skripsi. aku udah mutusin untuk ambil tentang aktuaria, matematika asuransi.
    kemarin proposal udah di terima, tapi abis itu pembimbing minta ganti jadi lebih sederhana. menurut kakak aku baiknya ambil judul apa untuk skripsi aku ya kak? tolong banget..

  39. Wahh qw dapet ilmu baru nih dari kak Dyan, makasih ya kak, walau masih kelas X SMA, setidaknya aku tahu dimana nanti qw melangkah saat kuliah ?
    Oh iya public film itu gimana sih kak ?! maaf kak qw baru tahu.

    terimakasih kakak :)

  40. Tatik

    Mbak Dian, aku sdh kerja di salah satu BUMN, dan perusahaanku ada rencana untuk mendirikan Dana Pensiun Sendiri, Aku tertarik untuk terjun ke situ. Aku pingin tau lebih banyak tentang aktuaria. Ada gak ya program yang singkat maksudnya gak harus kuliah D3 S1 atau S2 Aktuaria, (misal klu pajak ada brefet pajak). ditunggu infonya. Terima kasih

  41. Adrian Bram

    Kak Dian, saya bram, saat ini sedang kuliah industrial engineering & technology management dengan konsentrasi dan minor di finance di hku. Saya tertarik untuk berprofesi sebagai konsultan aktuaria setelah lulus nanti. Saya mau tanya apakah saya bisa menjadi aktuaris dengan menyelesaikan ujian ujian yang diharuskan walaupun saya bukan dari FMIPA. Soalnya untuk menjadi CPA perlu memiliki background accounting/ekonomi.bagaimana dengan bidang aktuaria ? Saya juga mau tanya apakah ada syarat tertentu lainnya yang harus dipenuhi sebelum bisa mengambil ujian aktuaria ? Dan saya berencana untuk ambil cfa dan frm, apakah sertifikasi ini akan relevan dan membantu saya di dunia aktuaria ? Terima kasih.

  42. Evyorista Pratiwi

    Dear Mba Dian,
    Aku Evy, dulu lulusan Matematika Unibraw dan saat ini sedang bekerja di salah satu bank di Jakarta. Tapi pengen banget bisa S2 aktuaria. Cuman ga bisa ninggalin kerjaan karena masih ada ikatan dinas. Jadi aku berniat untuk ambil kelas malam atau sabtu – minggu jika memang ada. Boleh dibantu informasinya mba, kira – kira aku bisa belajar dimana ya mba. Terima kasih.

  43. irsad ramadhan

    asalamualaikum, ka aku irsad salam kenal yh ,,mau shering sama kaka, saya pengen banget masuk aktuaria tpi saya gk punya besic dimatematika dan ekonomi dan bahkan bisa dikatakan matematika saya itu minim banget ,menurut kaka nih yang sudah berkecimpung didunia asuransi dan jadi aktuaris dan mengetahui pelajaran apa saja yang akn dihadapi ketika kuliah menurut kaka apakah dengan besic saya yg minim sekalih dimatematika dan ekonomi harus mengurungkan niat saya kuliah diaktuaria karna akan menjadi sulit dan akan keteter ketika kuliah yh??atw menurut kaka bagaimna?????? mhon solusi yh ka terimkasih wwsalam

    • Wass. Hai salam kenal Irsad…Menurutku Aktuaria sgt dibutuhkan basic statistic yang paing utama, lalu ditunjang matematika dan ekonomi. Tapi kalau kamu ada kemauan dan keinginan keras meski pengetahuan kamu minim, gak masalah. Karena semua akan dipelajari dan ada kemungkinan kedepannya pengetahuan kamu akan bertambah seiring perkuliahan nanti. ^^ Sukses ya!!! Yang penting semangat, niat, dan kemauan yang besar dalam dr kamu dan kamu enjoy menjalaninya…

      • irsad ramadhan

        iah teteh aku itu ada niat dan kesungguhan dlam hati saya bhwa saya itu pengen banget masuk aktuaria,tpi itu yg selalau menjadi kendala saya slma ini minim dimatematik saya suka cari inpo perihal aktuaria memang benar kata kaka bhwa statistik ekonomi ,matematika yg harus kuat yh,tpi low dipelajari dari awal ketika perkuliahan mungkin gk akan terlalau kebingungan baik mata kuiah statistik matematika N ekonomi? terimakasi banyak atas info y teteh, doain saya juga teh smoga bisa mengikuti jejak langkah teteh,dan dimudahkan segala persoalan ketika kuliah,bgitu juga teteh smga tmbahh bersinar berkarir didunia asuransi,amin.,…….

  44. Denny

    Halo, saya denny dari Matematika UI. Sangat terbantu sekali dengan artikel yang kamu bikin, kebetulan saya di peminatan yang sama dengan kuliah kamu. Oya, sedikit menambahkan aja ya, S1 Aktuaria di Indonesia belum ada yang benar-benar menjadi jurusan tersendiri. Biasanya S1 Aktuaria gabung dengan jurusan Matematika atau Statistika karena memang ruang ringkupnya disitu. Untuk S2, ITB sudah membuka program Magister utnuk aktuaris. SIlahkan cek di Web nya.

    Yang saya mau tanyakan, S2 Aktuaria di luar negeri itu yang bagus di mana ya? selain di Filipina? Thanks you :)

  45. Nurhasanah

    halo saya nung dari mipa unsri, terima ksh bnyak artikelnya, sangat memotivasi saya
    saya mau tanya buku-buku asuransi itu banyak di jual dmana ya???
    soalnya saya bingung mau bwt skripsi tntang aktuaria tp bku panduannya susah banget dcari
    thanks ya sblmnya
    sukses selalu :)

  46. dinta

    kalau aktuaria itu adanya di jurusan matematika atau statistika ya? saya masih bingung nih tapi ayah saya kasih saran ambil jurusan yg mempelajari aktuaria. makasi

  47. Gina Putri

    Kak, aku baru jd Maba Matematika UI thn ini tp memang sudah punya rencana ambil matematika aktuaria. Katanya untuk jadi aktuaria testnya cukup sulit, lalu apabila ‘pahitnya’ tdk bisa lulus lalu pekerjaannya menjadi apa? apa sm seperti jurusan matematika lainnya? terimakasih:)

    • Dear Gina, semua perusahaan butuh aktuaris. Terutama berpuluh2 BANK dan perusahaan Asuransi di Indonesia. Itu jadi peluang kamu dengan sedikitnya tenaga aktuaris di Indonesia. Sukses yah

  48. Oscar

    wah thanks bgt nih bwt artikelnya
    sebernernya saya masih siswa SMP, pas liat salahsatu majalah yang menyinggung ttg pkerjaan yang ‘masih jarang’ di Indonesia saya tertarik bgt sama yang namanya aktuaris sampe saya cari definisinya sampai ke blog ini..
    yang saya mau tanya di Indonesia sendiri udah berapa bnyak universitas2 yang ada jurusan ini? universitas apa aja? trus please dong sarannya biar saya dari SMP ini hrus apa agar saya bisa jadi aktuaria kelak?

    trimakasih
    salam kenal

    • Dear Oscar, sangat sedikit sekali. Setau saya UI dan Triskati. Namun update terbaru saya belum tahu.
      Cintai matematika, jika kamu tertarik di dunia aktuaris. Sukses yah

      • Mey

        nice blog ka dian :D
        salam kenal ya, saya juga mulai bertarung dg aktuaria mulai september ini di S1 Aktuaria STIMRA, doakan ya semoga kuat sama matematikanya yg katanya kenceng eheee :D

  49. Naufal Akbar

    Salam kenal kak,
    Saya mahasiswa d3 asuransi dan aktuaria ui baru masuk tahun ini 2013
    Mohon info2nya ya kak :)

  50. kristo dantes lingga

    Semoga mimpi yg aku idam2kan selama ini tercapai.

    Go go, Calon aktuaris. ^_^

  51. veelf

    halo salam kenal kak

    saya mahasiswa jurusan akuntansi semester 3
    saya tertarik dgn aktuaria ini.
    seumpama selepas lulus S1 saya mengambil aktuaria gitu bisa gg ya?
    terimakasih

  52. salam kenal mbak… aku baru masuk univ nih ambil prodi statistika. banyak2 berbagi info dan pengetahuan tantang statistika ya.. dan makasi juga untuk info singkatnya. bikin tambah semangat belajar statistik :)

  53. Jade

    Dear Mbak Dian,
    Perkenalkan saya Jade. Saat ini saya sedang mengambil Akuntansi sebagai Pendidikan S1 saya. Saya baru tahu mengenai Aktuaria setelah saya memasuki semester 5 dalam kuliah saya. Saya sangat tertarik dengan profesi Aktuaris ini, kira-kira apakah saya bisa menekuninya berhubung pendidikan saya lumayan jauh dari Aktuaria… Atau mungkin saya bisa melanjutkan pendidikan ke S2? Berhubung yang saya tahu UI juga sudah membuka lagi Program Kekhususan untuk S2 dalam bidang Aktuaria ini. Mohon bimbingannya.

    Terimakasih.

  54. Priscil

    Halo kak. Boleh minta line/ whatsapp/email/pin bb ? Aku mau nanya2 tentang aktuaria dan prosesnya gimana. makasih kak :)

  55. rahma aulia

    sblum nya mksh bgt artikelnya,, yang bkin saya tmbah smngt buat ngmbil jurusan aktuaria,, tp saya msih bingung ,,saat lg kuliah ini matakuliah apa aja yang harus kita kuasai? mohon jawaban nya,, :)

  56. Kak,,ku masih kelas X sma,,akak masuk ke bidang aktuaris itu,,persyaratn nya apa aja kak??? gi mana passing grade nilainya ??

  57. heriawan

    sy sebenarnya minat sekali menjadi aktuaris, karena sy senang mengutak-atik rumus2 matematika. selama ini sy hanya ngajar matematika di sma dan juga membimbing siswa utk persiapan OSN. sy lulusan Teknik Fisika ITB, akan tetapi usia sy sudah 46 tahun, masih bisa gak ya cuma ambil tes di PAI ? makasih

  58. Sharen

    Hi :) terima kasih sudah sharing pengalaman anda, kalo boleh tahu bagaimana dngn stress level saat kuliah dan saat bekerja? Karena saya tidak bisa bekerja dibawah stress level yg tinggi.

  59. Joko Purnomo

    semua pasti bisa pak heriawan :)

  60. neoni laricci

    maaf mbak, mau nanya. matematika akturia hanya D3 kah?

Leave a Reply

